Akupunktur: Dasar teori yang harus dipahami (Definisi)


Hermanto. Kalau mendengar istilah akupunktur tentu yang kita bayangkan adalah tindakan penusukan dengan menggunakan jarum. Sepertinya tidak ada yang salah dari pernyataan tersebut. Pada perkembangannya istilah akupunktur tidak hanya sebatas tindakan penusukan dengan menggunakan jarum tapi bisa dengan menggunakan laser atau tegangan listrik.

Akupunktur adalah misteri dan keajaiban: Sebuah jarum akupunktur ditusukkan pada kelingking jari kaki dapat terjadi perubahan posisi janin dalam kandungan dari letak sungsang menjadi normal. Bagaimana ini mungkin terjadi?

Sejak tahun 1970-an, ketika tradisi Cina kuno ini memulai debutnya di AS, peneliti Barat telah berusaha untuk memahami fenomena akupunktur.

Tapi publik Amerika tidak perlu menunggu jawaban ilmiah. Semakin banyak dari mereka mencari ahli akupunktur untuk masalah kesehatan kronis - ketika pengobatan konvensional  memberikan jawaban yang memuaskan. Menurut 2002 National Health Interview Survey, diperkirakan 8,2 juta orang dewasa Amerika telah menggunakan akupunktur - jumlah mengesankan mengingat hanya sekitar 2,1 juta orang dewasa Amerika telah menggunakan akupunktur pada tahun sebelumnya.

Akupunktur digunakan sebagai pengobatan tambahan atau alternatif yang dapat diterima untuk mengobati beberapa gangguan seperti: kecanduan, stroke, sakit kepala, kram menstruasi, tennis elbow, fibromyalgia, osteoarthritis, (low back pain) nyeri punggung, carpal tunnel syndrome, asma, infertilitas, kehamilan masalah, sakit gigi, dan efek samping dari pengobatan kanker.

"Tindakan akupunktur tidak terbatas, mereka menggunakannya untuk memulihkan cedera olahraga, kesehatan emosional mereka, untuk segalanya," Peter Wayne, PhD, direktur penelitian di New England School of Acupuncture.


Definisi Akupunktur

Akupuntur (Bahasa Inggris: Acupuncture; Bahasa Latin: acus, "jarum" (kata benda), dan pungere, "tusuk" (kata kerja)) atau dalam Bahasa Mandarin standard, zhēn jiǔ (針灸 arti harfiah: jarum - moxibustion) adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam "titik akupunktur" tubuh. Menurut ajaran ilmu akupunktur, ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit. Definisi serta karakterisasi titik-titik ini di-standardisasi-kan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Akupunktur berasal dari Tiongkok dan pada umumnya dikaitkan dengan Obat-obatan Tradisional Tiongkok (TCM/Traditional Chinese Medicine). Bermacam-macam jenis akupuntur (Jepang, Korea, dan Tiongkok klasik) dipraktekkan dan diajarkan di seluruh dunia. (sumber wikipedia).

Mungkin itu saja dulu uraian singkat pendahuluan akupunktur, insya Allah akan kita lanjutkan pada artikel berikutnya.

Tag : akupunktur, ilmu akupunktur, titik akupunktur, tennis elbow, fibromyalgia, osteoarthritis, low back pain, carpal tunnel syndrome










1 Response to "Akupunktur: Dasar teori yang harus dipahami (Definisi)"

  1. Penjelasan mudah dipahami, makasih ya buat artikelnya

    BalasHapus