Orientasi Petugas Kesehatan tentang Pemanfaatan Toga dan Akupresur Kota Bengkulu Propinsi Bengkulu Tahun 2019

Sahabat Hermanto, salam sehat untuk kita semua. Pada postingan kali ini saya akan melaporkan tentang kegiatan LKTM Palembang yaitu Orientasi Petugas Kesehatan tentang Pemanfaatan Toga dan Akupresur  Kota Bengkulu Propinsi Bengkulu. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari Rabu tanggal 24 Juli 2019 sampai dengan Jum’at tanggal 26 Juli 2019 bertempat di Grage Horizon Bengkulu.

Pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan pelayanan kesehatan tradisional melalui asuhan mandiri kesehatan perlu dilakukan untuk mendukung tercapainya peningkatan status kesehatan masyarakat. Melalui orientasi kepada petugas puskesmas asuhan mandiri kesehatan tradisonal diharapkan para petugas puskesmas dapat mengenalkan kepada masyarakat tentang pemanfaatan TOGA dan bagaimana cara mengelola kearifan lokal yang ada di wilayah masyarakat tersebut untuk menjaga kesehatannya sendiri dan keluarganya. Pemberian pengetahuan dan ketrampilan dalam asuhan mandiri kesehatan tradisonal dilakukan dengan Orientasi kader UKBM dengan metode Asuhan Mandiri kesehatan tradisional. 

Kegiatan diawali dengan registrasi peserta yang dimulai dari jam 13.00  hingga pukul 15.00 WIB, dimana peserta berjumlah 40 orang dengan rincian; Kepala Puskesmas dan Pemegang Program Kestrad yang berasal dari seluruh puskesmas yang terdapat di Kota Bengkulu sebanyak 30 Orang, staf Dinas Kesehatan Propinsi Bengkulu sebanyak 5 Orang dan staf Dinas Kesehatan Kota Bengkulu sebanyak 5 Orang. 


Setelah semua peserta terkumpul kegiatan dilanjutkan dengan Penyampaian Materi Awal, Dinamika Kelompok oleh Mursidah Resul, S.K.M, M.Si.  Selanjutnya Materi disampaikan oleh Kepala Loka Kesehtan Tradisional Masyarakat Palembang, dr. Hermanto, dengan materi Pengenalan Dasar Pelayanan Kesehatan Tradisional.

Pada hari ke dua kegiatan diawali dengan pembukaan. Pada acara pembukaan ini kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia, Relli Eftama.  Dilanjutkan Kata Sambutan Kepala Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat Palembang, dr. Hermanto, dan dibuka secara resmi oleh Bpk. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bengkulu. Kegiatan pembukaan diakhiri dengan pembacaan doa oleh salah satu peserta.  

Materi ketiga disampaikan oleh Ibu Susilawati, SKM, M.Kes Kepala Dinas Kesehatan kota Bengkulu dan dipandu oleh dr. Hermanto. Materi yang disampaikan adalah Gerakan Masyarakat Sehat di Dinkes Propinsi Bengkulu dan Gambaran Kestrad di Propinsi Bengkulu. 

Materi keempat dan kelima disampaikan oleh dr. Hermanto dengan judul materi Asuhan Mandiri sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan Upaya Pencegahan Penyakit dalam Keluarga yang dipandu oleh Nirwani, SKM. 



Materi keenam disampaikan oleh dr. Salilul Hulwan, M.Kes dengan materi tehnik meramu dan pemilihan bahan herbal yang dipandu oleh Sdri. Nirwani, SKM. 



Praktek pemanfaatan toga yang disampaikan oleh Tim Penyuluh LKTM yang terdiri dari dr. Salilul Hulwan, M.Kes, Sri Maryati, AMK,   dan Eliyah Susanti. Pada sesi ini Peserta dikenalkan tehnik meramu herbal dengan resep herbal untuk mengatasi demam berdarah, pengolahan daun kelor, dan pengolahan jahe.  

Acara Penutupan yang ditutup oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Ibu Susilawati, SKM, M.Kes 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Orientasi Petugas Kesehatan tentang Pemanfaatan Toga dan Akupresur Kota Bengkulu Propinsi Bengkulu Tahun 2019"

Posting Komentar