Koordinasi Kemitraan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Provinsi Bangka Belitung tahun 2019

Sahabat Hermanto, kembali lagi saya akan melaporkan tentang kegiatan koordinasi antara LKTM dengan Propinsi Bangka Belitung di tahun 2019. Kegiatan ini dilakukan di Hotel Santika Bangka  Jl. Sukarno Hatta KM 5 No.17 Pangkalan Baru Bangka selama 3 hari mulai hari Rabu tanggal 25 September 2019 sampai dengan Jum’at,  27 September 2019. 

Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat (LKTM) Palembang sebagai salah satu UPT Kementerian Kesehatan yang bergerak dalam bidang kesehatan tradisional mempunyai visi menjadi pusat pengembangan kesehatan tradisional. Untuk mewujudkan visi tersebut, LKTM menjalankan misinya yaitu mengembangkan dan menerapkan model pelayanan kesehatan tradisional alternatif komplementer, menjalin kemitraan guna meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan profesionalisme SDM. Selain itu pada Permenkes No.  2358 tahun 2011 pasal 10, Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat Palembang mempunyai tugas untuk melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelayanan kesehatan tradisional. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud pada pasal 10, LKTM menyelenggarakan fungsi memfasilitasi pengembangan dan penerapan model serta metode pelayanan kesehatan tradisional,  memberikan bimbingan teknis pelayanan kesehatan tradisional, dan melaksanakan kemitraan di bidang kesehatan tradisional, alternatif komplementer dengan lintas program dan lintas sektor terkait termasuk dunia usaha.Oleh karena itulah dipandang perlu untuk melakukan kegiatan Koordinasi Kemitraan pelayanan Kesehatan tradisional sebagai salah satu media promosi tentang kesehatan tradisional secara umum, khususnya kesehatan tradisional. 

Pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan pelayanan kesehatan tradisional melalui Koordinasi Kemitraan pelayanan Kesehatan Tradisional perlu dilakukan untuk mendukung tercapainya peningkatan status kesehatan masyarakat. Melalui koordinasi kemitraan pelayanan kesehatan tradisonal diharapkan para pemegang program di dinas kesehatan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana agar dapat mengelola kearifan lokal yang ada di wilayah masyarakat tersebut untuk menjaga kesehatannya sendiri dan keluarganya.  

Kegiatan diawali dengan registrasi peserta yang dimulai dari jam 13.00  hingga pukul 15.00 WIB, dimana peserta berjumlah 45 orang. Setelah semua peserta terkumpul kegiatan dilanjutkan dengan Penyampaian Materi Awal, Dinamika Kelompok oleh Hilma Mayasari, SKM.  Selanjutnya materi selanjutnya disampaikan oleh Kepala Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat Palembang dr. Hermanto dengan materi Pengenalan Dasar Pelayanan Kesehatan Tradisional.

Pada hari ke dua kegiatan diawali dengan pembukaan. Pada acara pembukaan ini kegiatan diawali dengan laporan kegiatan dari  ketua Panitia, Relli Eftama, dilanjutkan kata sambutan Kepala Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat Palembang, dr. Hermanto, dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bangka Belitung, drg. Mulyono Susanto, MHSM. Kegiatan pembukaan diakhiri dengan pembacaan doa oleh salah satu peserta.  



Materi ketiga disampaikan oleh drg. Mulyono Susanto, MHSM Kepala Dinas kesehatan Propinsi Bangka Belitung dan dipandu oleh dr. Hermano. Materi yang disampaikan adalah Dukungan Kebijakan Kesehatan Tradisional di Propinsi Bangka Belitung.

 


Penyampaian materi terakhir oleh Hilma Mayasari, SKM dengan materi Tehnik Penyuluhan. 

Dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Koordinasi Kemitraan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Provinsi Bangka Belitung tahun 2019"

Posting Komentar