Pengertian dan Jenis Pelayanan Kesehatan Tradisonal yang perlu diketahui

Sahabat Sehat. Pada postingan kali ini, saya akan berbagi tentang pengertian dan jenis pelayanan kesehatan tradisional. Karena masih banyak yang belum mengetahui apa itu kesehatan tradisional dan apa saja jenis pelayanan kesehatan tradisonal tersebut.

Kesehatan tradisional merupakan warisan budaya bangsa Indonesia harus kita lestarikan bersama. Apa itu pelayanan kesehatan tradisional adalah cara pengobatan atau perawatan yang didapat secara turun-temurun dimana pelayanan kesehatan tradisional ini bisa berupa ramuan atau herbal atau juga keterampilan seperti akupuntur dan akupresur.

Pelayanan kesehatan tradisional ini bisa dilaksanakan oleh masyarakat ataupun oleh tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan yang dapat dilakukan di fasyankes yaitu puskesmas atau rumah sakit.

Menurut undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, pelayanan kesehatan tradisional termasuk ke dalam salah satu dari 17 upaya kesehatan. 

Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 103 tahun 2014 tentang pelayanan kesehatan tradisional, jenis pelayanan kesehatan tradisional meliputi pelayanan kesehatan tradisional empiris, pelayanan kesehatan tradisional komplementer, dan pelayanan kesehatan tradisional integrasi.

Yang dimaksud pelayanan kesehatan tradisional empiris adalah penerapan pelayanan kesehatan tradisional yang manfaat dan keamanannya terbukti secara empiris (turun temurun). Salah satu bentuk pelayanan kesehatan tradisional empiris yaitu asuhan mandiri pemanfaatan toga di masyarakat dan pelayanan kesehatan tradisional yang dilakukan oleh penyehat tradisional (hatra). Tempat pelayanan adalah di panti sehat.

Pelayanan kesehatan tradisional komplementer merupakan pelayanan kesehatan tradisional dengan menggunakan ilmu biokultural dan biomedis yang manfaat dan keamanannya terbukti secara ilmiah. Bentuk pelayanan kesehatan tradisional komplementer diselenggarakan di fasilitas pelayanan kesehatan tradisional yang dilakukan oleh tenaga kesehatan tradisional (nakestrad). Tempat pelayanan adalah di griya sehat.

Pelayanan kesehatan tradisional integrasi merupakan pelayanan kesehatan yang mengkombinasikan pelayanan kesehatan konvensional dengan pelayanan kesehatan tradisional komplementer. Pelayanan kesehatan tradisional integrasi diselenggarakan di fasilitas pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan tradisional. Salah satu contoh pelayanan kesehatan tradisional integrasi adalah akupuntur dan akupresur. Kita mengharapkan agar masyarakat dapat mempergunakan pelayanan kesehatan tradisional yang aman dan bermanfaat serta dapat dipertanggungjawabkan untuk mengatasi gangguan kesehatan. Ayo laksanakan untuk melakukan pelayanan kesehatan tradisional.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Jenis Pelayanan Kesehatan Tradisonal yang perlu diketahui"

Posting Komentar