Software Ayat Menghafal Al-Quran


Siapa yang bercita-cita bisa hafal al-Quran? Tentu kita semua ingin bisa hafal al-Quran karena banyak sekali keistemawaan bagi pengahafal al-Quran.

Ada beberapa faedah bagi penghafal al-Quran, antara lain:

1) Al Qur`an memberi petunjuk menuju jalan yang lurus.
“Sesungguhnya Al Qur`an ini memberi petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh, bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS Al Isra : 09)

2) Al Qur`an adalah penyembuh & rahmat bagi orang yang beriman.
“Dan kami turunkan dari Al Qur`an sesuatu yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang beriman. Dan Al Qur`an itu tidaklah menambah bagi orang-orang zalim selain kerugian.” (QS Al Isra : 82)

3) Al Qur`an adalah perniagaan yang tidak pernah memberi kerugian.
“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah, mengerjakan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dalam keadaan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan pernah merugi.” (QS Fathir : 29)

4) Al Qur`an akan memberi syafa’at pada hari kiamat.
Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam bersabda,
“Bacalah oleh kalian Al Qur`an! Karena Al Qur`an akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at bagi para pembaca & pengamalnya.” (HR Muslim)

Dan dari An Nawwas bin Sam’an radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam bersabda,
” Al Qur`an akan didatangkan pada hari kiamat bersama ahlinya, yaitu mereka yang mengamalkannya di dunia. Surat Al Baqarah & Alu ‘Imran akan mendatanginya, keduanya menjadi pembela bagi orang yang membaca & mengamalkannya.” (HR Muslim)

5) Orang yang mempelajari dan mengajarkan Al Qur`an adalah insan pilihan.
Dari Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam bersabda,
“Yang terbaik diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur`an dan mengajarkannya.” (HR Al Bukhari)

6) Malaikat bersama orang yang mahir membaca Al Qur`an.
Dari ‘A`isyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam bersabda,
“Orang yang membaca Al Qur`an dengan mahir, akan (dikumpulkan) bersama para malaikat yang mulia dan selalu berbuat kebajikan. Dan orang yang membaca Al Qur`an dengan terbata-bata dan mengalami kesulitan, baginya dua pahala.” (HR Al Bukhari & Muslim)

7) Ada permisalan indah bagi Mukmin yang hatinya terpaut dengan Al Qur`an.
Dari Abu Musa Al Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam pernah bersabda,
“Perumpamaan seorang Mukmin yang rajin membaca Al Qur`an ia laksana Utrujjah, aromanya harum, rasanya pun manis. Adapun permisalan Mukmin yang jarang membaca Al Qur`an, ia ibarat Kurma kering, tak beraroma, walaupun manis terasa. Dan perumpamaan Munafik yang membaca Al Qur`an, ia bak Raihanah, aromanya bagus, tapi rasanya pahit. Adapun permisalan Munafik yang tidak pernah membaca Al Qur`an, ia bagaikan Hanzhalah, sedikitpun tak wangi, rasanya pun pahit.” (HR Al Bukhari & Muslim)

8) Karena Al Qur`an, Allah mengangkat derajat suatu kaum.
Dari Umar bin khaththab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya Allah akan akan mengangkat derajat suatu kaum dengan (sebab mengamalkan) Al Kitab ini. Dan Allah akan menghinakan kaum yang lain dengan (sebab tidak mengamalkan) nya.” (HR Muslim)

9) Menghafal Al Qur`an & rajin membacanya siang malam, termasuk cita-cita yang paling mulia.
Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, dari baginda Nabi shallallahu ‘alaih wa sallam, beliau bersabda,
“Tidak ada hasad (yang dibenarkan) kecuali dalam dua hal; Hasad kepada seseorang yang Allah beri anugerah (menghafal) Al Qur`an lalu ia bisa membacanya dalam shalat-shalatnya sepanjang malam dan siang, serta hasad kepada seseorang yang Allah beri harta lalu ia menginfakkannya sepanjang siang dan malam.” (HR Al Bukhari & Muslim)

10) Ketenangan turun ke muka bumi tatkala Al qur`an dibaca.
Dari Al Bara bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
(Suatu waktu) ada seorang sahabat sedang membaca surat Al Kahf. Disampingnya ada seekor kuda yang ditambat kuat pada dua utas tali. Tiba-tiba ia diliputi awan yang lama-lama kian mendekat. Seketika itu pula, kuda tersebut kabur darinya. Keesokan harinya, sahabat tadi menghadap baginda Nabi shallallahu ‘alaih wa sallam dan mengisahkan kejadian yang dialami. Maka Nabi bersabda, “Itulah kesejukan dan ketentraman yang diturunkan karena Al Qur`an.” (HR Al Bukhari & Muslim)

11) Pahala besar akan diperoleh para pembaca Al Qur`an, sedangkan kerugian akan menimpa orang yang tidak memiliki hafalan Al Qur`an sedikitpun.
Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam pernah bersabda,
“Siapa saja yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatkan sepuluh kalinya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim adalah satu huruf. Akan tetapi, Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR At Tirmidzi, ia berkata: Hasan Sahih)

Dari Abdullah bin Amr bin Al Ash radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaih wa sallam, beliau bersabda,
“Sohibul Qur`an (yang hafal Al Qur`an dan mengamalkannya) akan diseru; Bacalah! Dan naiklah terus! Bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil saat di dunia. Sesungguhnya puncak derajatmu akan dicapai hingga akhir ayat yang mampu engkau baca.” (HR At Tirmidzi, ia berkata: Hasan Sahih)

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam pernah bersabda,
“Sesungguhnya orang yang tidak ada sedikitpun dalam dadanya Al Qur`an, ia bagaikan rumah yang telah hancur.” (HR At Tirmidzi, hadits ini Hasan Sahih)

sumber artikel: http://www.darussalaf.or.id/

Banyak cara-cara yang bisa digunakan untuk mempercepat hafalan al-Quran. Cara-cara ini dapat kita pelajari dari para penghafal al-Quran. Prinsipnya menhafal al-Quran tersebut harus dilakukan secara terus-menerus dan terjadwal. Perlu kesabaran dalam mengulang dan mempertahankan hafalannya.

Dengan dibantu software Ayat ini maka menghafal al-Quran itu jadi lebih mudah dan menarik karena kita bisa mendengarkan langsung lantunan ayat-perayat dari qori-qori pilihan yang sangat indah bacaannya.

Software ini disediakan secara gratis oleh kerajaan Arab Saudi untuk disebarkan keseluruh dunia Islam. Yang menarik lagi software ini tidak hanya bisa di jalankan di Windows tapi juga dapat di instal di Linux dan Mac. Dan bagi kamu yang super sibuk hanya dengan smartphone Android dan iPhone kamu juga bisa menjalankan software Ayat ini.

Kamu dapat download lengkap software dan audionya di http://quran.ksu.edu.sa dan kamu bisa sharing di blog ini.

Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah dalam mengahafal dan memahami al-Quran, amin.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Software Ayat Menghafal Al-Quran"