Presentasi Akupunktur pada Monev di Kabupaten Muratara

Sahabat Hermanto. Kali ini saya akan posting tentang kegiatan kantor LKTM ke Kabupaten Muratara. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Kesehatan Tradisional dan Komplementer (Monev Yankestradkom) ini dillaksanakan tanggal 15 - 17 Oktober 2015.  Kegiatan ini diikuti oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Muratara, puskesmas dan penyehat tradisional (Hatra). Acara dibuka oleh Asisten III Pemkab Muratara Firdaus, SH, MHum. Setelah pembukaan acara dilanjutkan penyampaian materi oleh Kepala LKTM Palembang dr. Salilul Hulwan M, M.Kes dan Kepala Dinas Kesehatan Kapubaten Muratara.  Pada kegiatan ini saya bertindak sebagai narasumber. Materi yang disampaikan adalah pengenalan akupunktur dan bagaimana akupunktur bisa mengatasi vertigo.



Nah, kesempatan ini saya akan posting materi makalah saya secara lengkap yang mungkin bisa bermanfaat buat sahabat Hermanto yang berkunjung ke blog ini,


Makalah Akupunktur untuk mengatasi Vertigo

Pendahuluan
Apa sebuah pertanyaan. Apakah kalian sudah pernah melakukan akupunktur? Kalo sudah pernah berapa kali sudah kita melakukannya?  Baik, sebenarnya kita sudah sering melakukan akupunktur (setidaknya memberikan rangsangan pada titik akupunktur), minimal lima kali dalam sehari semalam. Setiap kita akan melakukan sholat wajib 5 waktu tentu kita terlebih dulu berwudhlu. Nah, tanpa kita sadari sepanjang kita berwudhlu kita sdh menekan banyak titik-titik akupunktur di beberapa bagian tubuh kita.

Pada anggota badan yang terkena perlakuan wudhu terdapat ratusan titik akupunktur yang bersifat reseptor terhadap stimulus berupa basuhan, gosokan, usapan, dan tekanan/urutan ketika melakukan wudhu. Stimulus tersebut akan dihantarkan melalui meridian ke sel, jaringan, organ dan sistim organ yang bersifat terapi. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar dibawah ini.



Anggota wudhu (rukun dan sunat), jumlah titik akupunktur di antaranya: wajah 84 titik, tangan 95, kepala 64, telinga 125, kaki 125, maka jumlahnya 493 titik.
Subhanallah, bayangkan jika Anda melakukan itu setiap hari paling sedikit 5 kali sehari.Ternyata ada fakta menarik yang tidak boleh luput. Satu diantaranya adalah ketika melakukan usapan, di antara sela-sela jari tangan dan kaki terdapat masing-masing satu titik istimewa (Ba Sie pada sela-sela jari tangan dan Ba Peng pada sela-sela jari kaki).

Definisi akupunktur
Akupunktur berasal dari kata  acus  yang berarti jarum dan  punktura  yang berarti penusukan. Akupunktur merupakan suatu metode terapi dengan penusukan pada titik-titik di permukaan tubuh untuk mengobati penyakit maupun kondisi kesehatan lainnya.
Penerapan akupunktur sebagai pengobatan alternatif dan komplementer  berdasarkan konsep yang menyatakan bahwa penyakit berasal dari gangguan aliran  qi  akibat ketidakseimbangan kekuatan energi  yin  dan  yang. 

Qi  merupakan kombinasi  kekuatan energi yin dan yang yang berada di dalam tubuh. Energi yin mewakili aspek dingin, lambat atau pasif manusia, sedangkan energi  yang  mewakili aspek panas, semangat atau aktif. Menurut, ilmu pengobatan tradisional Cina (TCM), kesehatan dicapai bila keseimbangan kedua energi itu terjaga.

Hubungan antar  Meridian  menjamin kelancaran aliran  qi  dan keseimbangan energi yin  dan  yang.  Blokade aliran  chi  akan menganggu energi utama atau kekuatan hidup yang mengatur kesehatan fisik, emosional, mental, dan spiritual dan mempengaruhi kedua kekuatan yang saling bertolak belakang itu. Akupunktur bertujuan untuk menyembuhkan penyakit dengan menghilangkan blokade terhadap aliran  chi  serta mengembalikan  keseimbangan energi yin dan yang.

Akupunktur  berawal dari penemuan bahwa stimulasi area tertentu (titik akupunktur) pada kulit mempengaruhi fungsi organ tertentu. Titik akupunktur merupakan lokasi spesifik di mana  Meridian  berada dekat di permukaan kulit dan mudah dijangkau dengan memasukkan jarum ke titik tersebut untuk menjaga keseimbangan aliran  qi  pada masing-masing sisi tubuh.

Hal ini berkembang menjadi sistem penyembuhan karena hubungan antara titik tertentu di kulit dan organ lebih dipahami. Akupunktur juga berkembang menjadi cara yang cukup efektif untuk menghilangkan  nyeri. Keberhasilan ini disebabkan oleh kekuatan akupunktur untuk membangkitkan respons penyembuhan diri yang merupakan efek pengobatan yang terkuat untuk menyembuhkan penyakit atau mempertahankan kesehatan tubuh.


Teori 5 Unsur

1.    Hubungan saling menghidupkan:
        Setiap unsur menghidupi dan dihidupi oleh unsur lain:
ü  Kayu menghidupi Api
ü  Api menghidupi Tanah
ü  Tanah menghidupi Logam
ü  Logam menghidupi Air
ü  Air menghidupi Kayu
        Jika terjadi gangguan pada salah satu unsur maka akan mengganggu unsur lain atau unsur yang dihidupi:
        Contoh:
ü  Jika Kayu terlalu sedikit (lemah) maka Api menjadi kecil
ü  Jika air terlalu sedikit maka Kayu tidak akan subur
ü  Pada Ibu yang menyusui anaknya, jika Ibu sakit anak akan menderita, jika anak sakit ibu akan menderita
        Unsur yang menghidupi (menunjang) diibaratkan seperti Ibu.
        Unsur yang dihidupi diibaratkan seperti anak
        Hukum Ibu-Anak

2.    Hubungan saling membatasi (mengendalikan):
        Setiap unsur membatasi (mengendalikan) oleh unsur lain:
ü  Kayu mengendalikan Tanah
ü  Tanah mengendalikan Air
ü  Air mengendalikan Api
ü  Api mengendalikan Logam
ü  Logam mengendalikan Kayu
        Jika prinsip tersebut tidak sesuai maka akan terjadi :
ü  Penindasan (Air yang terlalu banyak akan memadamkan Api)
ü  Penghinaan (Api yang terlalu besar akan mengeringkan Air)

3.    Hubungan saling membatasi menghidupi/ menghidupi-membatasi.
          Tanah mengendalikan Air supaya Air menghidupi Kayu tidak terlalu besar dan Kayu membatasi Tanah agar Tanh tidak terlalu kuat




Cara Memahami
Hati berhubungan dengan Kandung Empedu
      Hati dan Kandung Empedu memancarkan warna kehijauan. Warna kehijauan lebih jelas nampak di muka jika hati terganggu
      Emosi dan jengkel sangat mempengaruhi organ Hati dan Kandung Empedu
      Jengkel menyebab gangguan di hati yang mendorong keluarnya suara menjerit
      Kelainan organ hati dapat tercermin melalui gangguan pd mata, tendon(urat), air mata.
      Manifestasi muncul antara lain, mata merah, katarak, rabun, mudah keseleo, kram, air mata berlebihan, air mata kering, dll


Penyebab Penyakit menurut TCM
1.      Penyebab Penyakit Luar
[  Iklim Cuaca
[  Penyakit Menular karena Iklim & Lingkungan
2.      Penyebab Penyakit Dalam
[  Emosi ( Marah , Gembira , Terkejut , Berpikir , Kuatir , Sedih , Takut )
3.      Penyebab Penyakit Kebiasaan Hidup
[  Kebiasaan Makan & Minum
[  Pola Hidup

Penyakit yang bisa diobati dengan akupunktur
Secara umum penggunaan akupunktur dalam pengobatan adalah pada :
·        Berbagai keadaan nyeri seperti nyeri kepala, nyeri bahu, nyeri lambung, nyeri lutut, nyeri karena herpes.
·        Berbagai kelainan fungsional seperti asma, alergi, susah tidur, mual pada kehamilan.
·        Beberapa kelainan saraf, seperti kelumpuhan muka, kelumpuhan anggota gerak, kesemutan.
·        Keadaan tertentu lainnya seperti ketagihan merokok, kegemukan, peningkatan stamina, penurunan kadar gula darah.

Titik-titik penting pada Akupunktur
·         GV 20 (Baihui)
·         Yintang
·         Taiyang
·         LI 4 (Hegu)
·         TE 5 (Waiguan)
·         LI 11 (Quchi)
·         ST 36 (Zusanli)
·         SP 6 (Sanyinjiao)
·         KI 3 (Taixi)
·         LR 3 (Taichong)

Semoga postingan ini bermanfaat dan untuk kelanjutan tentang vertigo bisa dilihat pada postingan saya selanjutnya.

Tags: Akupunktur, Meridian, Qi, Vertigo


1 Response to "Presentasi Akupunktur pada Monev di Kabupaten Muratara"