Kompilasi Library wxWidgets 3 dengan MinGW di Windows

Hermanto - Pada artikel sebelumnya saya sudah menulis tentang rilis terbaru dari wxWidgets yaitu versi 3.0.0. Sejak saya mengikuti sejak dari versi 2.8.0 di tahun 2008 sudah banyak sekali perubahan dan perbaikan. Dan ada penambahan library untuk html content, dulu sebelum versi 2.9.4 kita hanya bisa menggunakan wxHTML untuk membuka file html tetapi sejak versi itu sudah terdapat penambahan library wxWebView yang mempunyai kemampuan terintegrasi dengan browser Internet Explorer di Windows yaitu dengan WebBrowser control bawaan dari Microsoft Internet Explorer (IE backend) di GTK dengan WebKit backend menggunakan WebKitGTK+ dan di OSX WebKit backend menggunakan Apple's WebView class.

Kemampuan sangat ditingkatkan pada versi terbaru ini, sangat membantu dalam pengembangan Smart Doctor v3.0 yang software berdasarkan kemampuan basis HTML.

Untuk dapat melakukan kompilasi library ini kita membutuhkan sebuah kompiler C/C++. Ada banyak pilihan kompiler yang bisa kamu gunakan misalnya kompiler C/C++ dari microsoft yang bisa kamu dapatkan ketika kamu melakukan instalasi Microsoft Visual C++ 2008 Express (salah satu kompiler favorit saya karena sangat baik dalam code completation yang sangat membantu sewaktu  belajar class dan fungsi bawaan wxWidgets).

Pada kesempatan ini saya akan jelaskan cara mengkompilasi library ini dengan MinGW (Minimalist GNU for Windows) di Windows. Kompiler ini saya baik dan mudah sekali penggunaannya. Sebenarnya kompiler bisa kamu download langsung dari www.mingw.org tapi ada sedikit kesulitan bagi pemula dalam proses instalasi karena mengharuskan instal melalui internet dengan banyak sekali konfigurasi yang sedikit membingungkan.

Instalasi MinGW

Untuk mempermudah kamu dalam melakukan instalasi ikuti langkah berikut.

  1. Kunjungi situs www.codelite.org (Codelite adalah salah satu editor C/C++ dan wxWidgets yang direkomendasi oleh banyak programmer, karena selain cross platform instalasinya sangat ringan).
  2. Pilih Codelite yang include dengan MinGW (pada waktu artikel ini dibuat versi Codelite 5.3 dengan MinGW TDM 4.7.1 tersedia). Artinya kita mendapatkan editor dan kompiler sekaligus dalam satu file instalasi)
  3. Lakukan instalasi sampai selesai. Biarkan pilihan default.
  4. Sekarang kamu sudah mendapatkan Codelite sebagai editor dan MinGW 4.7.1 sebagai kompiler secara default terletak di C:\MinGW-4.7.1
Instalasi wxWidgets

Langkah selanjutnya sediakan library wxWidgets sesuai dengan versi yang terbaru dirilis.
  1. Download library wxWidgets terbaru di www.wxwidgets.org (pilih wxWidgets 3.0.0 yang sesuai dengan versi terbaru yang akan kita praktekkan dalam latihan ini)
  2. Lakukan instalasi sampai selesai. Biarkan setting default. wxWidgets akan terinstal di C:\wxWidgets-3.0.0
Kompilasi wxWidgets

  1. Pastikan path MinGW sudah diatur (lihat cara mengatur Path Environment di Windows)
  2. Masuk ke menu command prompt windows atau menggunakan Git Bash (ini saya rasa sangat praktis). Kemudian masuk ke folder wxWidgetsnya. Misalnya C:\wxWidgets-3.0.0\build\msw\
  3. Kemudian pada command prompt atau Git Bash ketik: 
  4. mingw32-make -f makefile.gcc UNICODE=1 SHARED=0 BUILD=release MONOLITHIC=0
    
    
  5. Tunggu sampai selesai kompilasi, cukup lama bisa 2 sampai 3 jam
  6. Setelah selesai file library wxWidgets akan terletak di C:\wxWidgets-3.0.0\lib\gcc_lib

Setelah proses kompilasi selesai barulah kamu bisa membuat proyek dengan menggunakan library wxWidgets. Sebaiknya untuk pertama kali gunakan Codelite editor yang sudah kamu download. Insya Allah akan saya buat tutorial selanjutnya cara menggunakan wxWidgets dengan Codelite.

Sebenarnya untuk membantu belajar kamu saya sudah siapkan file library wxWidgets 3 yang sudah di kompilasi dengan MinGW 4.7.1 dalam bentuk file installer yang siap kamu jalankan tanpa harus kompilasi lagi. Untuk mendapatkan file tersebut cukup kamu download di sini.

Sebenarnya sampai di sini kamu sudah bisa mencoba membuat kode wxWidgets dengan contoh wxWidgets yang pernah saya tulis pada artikel saya sebelumnya.

Selamat mencoba, semoga membantu. Sampai ketemu dengan tutorial wxWidgets selanjutnya.

Tags: wxWidgets, C/C++, MinGW, Codelite, library


0 Response to "Kompilasi Library wxWidgets 3 dengan MinGW di Windows"

Posting Komentar