Cara membangun aplikasi android dengan phonegap dan jquery mobile

Hermanto - Sejak maraknya penggunaan android dengan banyaknya pilihan gadget yang menggunakan OS android, maka sudah sewajarnya para software developer untuk mengembangkan aplikasinya supaya dapat berjalan di mobile platform. Rasanya berbeda sekali pada era awal 2000, aplikasi desktop merupakan pilihan utama dalam pengembangan aplikasi. Sekarang era sudah berubah orang lebih banyak berdahapan dengan internet dan smartphone. Dulu pemrograman Visual Basic, Delphi menjadi bahasa wajib bagi para pengembang software. Tapi sekarang software mulai banyak dibangun dengan PHP untuk mengatasi kebutuhan lewat media internet. Jadi internet tidak dapat dipisahkan dalam setiap aktivitas setiap orang.

Pengembangan Smart Doctor versi mobile
Sejak beberapa tahun terakhir banyak sekali pengguna Smart Doctor v2.0 menginginkan supaya software kedokteran saya itu bisa dijalankan di smartphone yang berbasis android, blackberry dan iphone. Sebenarnya saya awalnya kurang tertarik untuk mengembangkan smartdoctor versi mobile karena saat itu saya sedang berusaha mengembangkan smartdoctor versi 3 yang cross platform. Pengembangan awal smartdoctor  tahun 2000 menggunakan bahasa Visual Basic 6 yang ditujukan windows 98, tapi dengan dirilisnya windows XP sampai sekarang ada beberapa kendala dalam instalasi terutama pengguanaan database model lama yang sudah tidak cocok lagi dengan kebutuhan software. Sempat saya mencoba untuk merilis versi 2 dengan menggunakan .Net Framework karena pada saat yang sama saya mendapat kesempatan dari SCHS (South Community Health System) – Uni Eropa untuk mengembangkan software Manual Puskesmas (SmartGen Pro v1.0), tapi  lagi-lagi karena selalu dikejar deadline maka Smart Doctor versi 2 pun masih menggunakan model aplikasi lama yang dikompilasi ulang dan disesuaikan untuk kebutuhan puskesmas.

Pertengahan tahun 2008 saya mulai tertarik mempelajari bahasa pemrograman yang mendukung cross platform. Karena dalam pengembangan software menggunakan VB 6 ada sedikit kendala dalam model OOP (Object Oriented Programming), pilihan saya selanjutnya adalah bahasa C++, Java dan Python. Ada banyak pengaruh mengapa saya akhirnya memilih bahasa C++, karena di keluarga Visual Studio ada Visual C++ dan saya sudah terbiasa menggunakannya. Karena software yang saya bangun membutuhkan GUI yang lengkap, setelah beberapa lama saya mencoba dari QT, wxWidgets dan GTK+, akhirnya saya jatuhkan pilihan pada wxWidgets.

Banyak alasan mengapa saya memilih wxWidgets untuk pengembangan smartdoctor versi 3, disamping memang library ini open source dan yang tidak kalah pentingnya karena model pemrogrammannya sangat mirip dengan MFC di Visual C++ yang tentu saja sangat memudahkan saya dapat beradaptasi.
Buat sobatku yang tertarik mempelajari wxWidgets baik di Windows, Linux dan Mac OS X, saya sudah membuat beberapa tutorial yang insya Allah tutorial ini akan saya teruskan dengan topik yang lebih dalam.

Nah, sekarang waktunya era mobile, permintaan smartdoctor versi mobile terus bertambah. Memang sedikit terasa berat untuk mempelajari teknologi yang baru ini, membutuhkan kerja keras untuk menguasai pemrograman mobile yang cross platform. Karena kebutuhan itulah saya mencoba mencari solusi yang nyaman sehingga nantinya akan memudah software itu untuk jalan di banyak mobile platform. Dengan bermodal pengalaman menggunakan wxWidgets dan kesenangan menguji kode di setiap platform, maka akhirnya saya menemukan hal yang sama pada pemrograman mobile yaitu phonegap. Dengan phonegap kita hanya bisa konsentrasi pada satu model pengembangan yang nanti akan bisa berjalan dibanyak OS mobile. Ditambah lagi untuk tampilan kita sudah sangat di mudahkan dengan adanya jquery mobile yang bisa membantu kita menyelesaikan software kita dengan cepat.


Langkah-langkah membangun aplikasi android dengan phonegap dan jquery mobile
Kita sama-sama punya prinsip ilmu harus diamalkan dan diajarkan supaya bermanfaat, oke? Jadi saya sudah siapkan tutorial bagaimana mengembangkan aplikasi android dengan phonegap dan jquery mobile. Yang kita butuhkan adalah:
  1. Code Editor: banyak tools yang bisa kamu pilih. Pada tutorial ini saya akan menggunakan eclipse dengan pertimbangan mungkin tool ini cukup polpuler dan sepertinya diremomendasi oleh pengembang android.
  2. Android SDK (Software Develompment Kit): tools API (Aplication Programming Interface) yang digunakan untuk mulai mengembangkan aplikasi pada platform android sekaligus untuk menguji program kita lewat AVD (Android Virtual Device)
  3. ADT (Android Development Tool) Plugins for Eclipse:  plugin untuk Eclipse yang menyediakan seperangkat alat yang terintegrasi dengan Eclipse IDE
  4. Phonegap: framework gratis dan open source yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi mobile menggunakan API web standar untuk platform yang kamu butuhkan.
  5. Jquery Mobile: sistem user interface/antarmuka pengguna berbasis HTML5 dirancang untuk membuat situs web responsif dan aplikasi yang dapat diakses pada semua perangkat smartphone, tablet dan desktop.
Semua tools yang kita butuhkan itu dapat kita peroleh secara gratis sehingga memudahkan kita dalam pengembangan software komersil. Insya Allah kita akan sama-sama mempelajari tahap demi tahap membangun aplikasi android dengan phonegap dan jquery mobile. Ikuti terus tutorial saya selanjutnya.

Tags: Android, Phonegap, Jquery Mobile, Eclips, wxWidgets, smartphone, smartdoctor, mobile, cross platform

2 Responses to "Cara membangun aplikasi android dengan phonegap dan jquery mobile"

  1. Lihat di postingan selanjutnya sudah saya buat turorialnya, selamat mencoba, semoga bermanfaat
    Salam kenal, makasih buat kunjungannya.

    BalasHapus