Kompilasi library wxWidgets 3 di Mac OS X

Hermanto - Sudah beberapa hari ini saya tidak menulis artikel di blog kesayangan kita ini, pada kesempatan ini saya akan meneruskan tentang tutorial wxWidgets mulai. Tapi kali ini kita akan coba membuktikan wxWidgets adalah library yang benar-benar cross platform yang artinya bisa dijalankan pada banyak sistem operasi tidak hanya di windows tapi juga di linux dan unix termasuk macintosh.

Kali ini kita akan mencoba menjajal kehebatan wxWidgets di Mac OS X Leopard. Dan sepertinya ini juga bisa dipraktekkan di Mac OS X lainya, misalnya Tiger, Snow Leopard atau yang terbaru Lion.

Instalasi Xcode dan wxWidgets


Langkah-langkah persiapan tools yang dibutuhkan.
  1. Agar dapat mengkompilasi di OS X menggunakan command-line, kita membutuhkan Xcode, yang juga akan menginstal kompiler gcc, make dan lainnya. Xcode dapat diperoleh gratis di website Appple. Downloadlah Xcode yang terbaru sesuai dengan versi Mac OS X kamu.
  2. Sewaktu instal Xcode, centang pilihan 'UNIX Development Support', supaya dapat kamu gunakan command line toolnya. Xcode akan terinstal di /Developer direktori.
  3. Download wxWidgets 3 di website www.wxwidgets.org, pilih yang tar.bz2 untuk OS X yang sesuai dengan tutorial kita.
  4. Instal arsip ini dengan cara ekstrak dengan software kompres, kemudian letakkan di direktori yang ingin kamu instal.

Kompilasi wxWidgets
  1. Buka terminal, jika kamu baru di OS X biasanya terletak di Applications/Utilities/Terminal Ketik di terminal:
    cd /Volumes/LEOPARD/wxWidgets-3.0.0
    

    Dengan asumsi wxWidgets saya letakkan di drive Leopard di direktori wxWidgets-3.0.0. Trik cepat: drag and drop direktori dari finder ke terminal
  2. Buat direktori untuk menyimpan output hasil kompilasi, silahkan buat direktori sesuai dengan jenis kompilasi yaitu release, debug, unicode, monolithic, misal build-release, build-debug, dan sebagainya.
    Buat direktori:
    mkdir build-release
    

    Masuk ke dalam direktori dengan perintah:
    cd build-release
    
  3. Konfigurasi librari. Atur konfigurasi kode wxWidgets sesuai dengan tipe librari yang akan kamu kompilasi. Untuk tutoria ini kita akan kompilasi dengan tipe librari static dengan dukungan unicode. Ketik kode: 
    ../configure --disable-shared --enable-unicode --prefix="$(pwd)"

  4. Kompilasi: ketik perintah di terminal:
    make
    

      Tunggu beberapa waktu sampai selesai kompilasi. 
  Setelah selesai kompilasi librari wxWidgets 3, untuk lebih memastikan apakah semua sudah terkompilasi dengan baik maka sekarang kita mencoba menjalankan contoh program yang ada di direktori samples di dalam direktori build-release.

Menjalankan contoh program
  1. Buka lagi termainal. Masuk ke direktori samples
    cd /Volumes/LEOPARD/wxWidgets-3.0.0/build-release/samples/aui 
  2. Kompilasi samples auidemo dengan ketik
    make
  3. Jalankan auidemo
    ./auidemo

Sekarang kamu sudah memahami bagaimana cara kompilasi wxWidgets 3 di Mac OS X dan sudah mencoba menjalankan sample yang ada. Setelah selesai kamu akan dapat membuat aplikasi dengan wxWidgets 3 di Mac OS X, insya Allah dalam turorial berikutnya kita akan belajar membangun program dari awal.

Kamu dapat juga melihat 3 tutorial yang saya buat wxWidgets di Windows, yaitu: KompilasiwxWidgets 3 dengan MinGW di windows, MemulaiwxWidgets dengan Codelite di Windows dan MembangunGUI wxWidgets dengan wxFormBuilder.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tags: wxWidgets, library, gcc, Mac OS X Leopard


Sumber:
http://wiki.wxwidgets.org/Compiling_wxWidgets_using_the_command-line_%28Terminal%29
http://wiki.wxwidgets.org/Wx-Config
http://wiki.wxwidgets.org/Possible_Configure_Flags_under_OS_X

0 Response to "Kompilasi library wxWidgets 3 di Mac OS X"

Posting Komentar