Memulai wxPython 3.0.0 di Windows

Hermanto - Setelah kita mengenal wxWidgets pada artikel saya sebelumnya, rasanya belum lengkap jika kita mengenal wxPyhton.  wxPyhton adalah salah satu library yang digunakan untuk membangun aplikasi GUI dengan menggunakan bahasa python. Penggabungan antara bahasa python yang terkenal sangat sederhana dan mudah dipelajari ditambah dengan keunggulan library wxWidgets yang cross platform sehingga membangun aplikasi profesional berbasis python sangat mudah. Untuk lebih banyak informasi bisa kamu kunjungi www.python.org dan www.wxpyhton.org

Persiapan tools yang digunakan
  1. Kunjungi www.pyhton.org, download Python 2.7.6, ini update terbaru pada saat artikel ini di tulis. Lakukan instalasi sampai selesai, jika instalasi benar maka keadaan default pyhton akan terinstal di C:/pyhton27. Sebenarnya sampai saat ini kamu sudah bisa menggunakan interpreter python 2.7 untuk menguji script python yang kamu buat. Instalasi tadi juga sudah menyediakan IDLE dan command line untuk menjalankan interpreternya.
  2. Selanjutnya kunjungi juga www.wxpyhton.org, download wxPyhton 3.0, update terbaru dari wxPyhton pada saat artikel ini dibuat. Pilih wxPython3.0-win32-py27 agar sesuai dengan interpreter pyhton yang sudah kamu download sebelumnya.
  3. Kemudian download juga editor pyhton favorit kamu. Banyak sekali pilihannya. Tapi untuk tutorial kali ini saya menggunakan UliPad 4.1, selain editor ini sangat sederhana sehingga mudah digunakan juga UliPad dibuat dengan wxPyhton dan bebas digunakan.

Langkah-langkah membuat aplikasi dengan wxPyhton 3
  1. Jalankan UliPad kemudian masukkan kode di bawah ini:
    import wx
    app = wx.App(None)
    dialog=wx.Dialog(None, -1, 'wxPyhton pertamaku')
    dialog.Show()
    app.MainLoop()

    Setelah selesai simpan script yang kamu buat. Jangan lupa setiap menyimpan script dengan ekstensi .py.




  2. Setelah selesai disimpan, untuk menjalankan pilih menu Pyhton –> Run sehingga akan tampil seperti gambar di bawah:



Sampai disini kamu sudah dapat membuat program sederhana dengan menggunakan library wxPyhton yang merupakan perpaduan pyhton dengan wxWIdgets. Insya Allah pada kesempatan lain kita akan belajar lebih jauh tentang library wxPython.

Jika kamu tertarik mempelajari wxWIdgets bisa kamu lihat tutorial saya sebelumnya , yaitu: KompilasiwxWidgets 3 dengan MinGW di windows, MemulaiwxWidgets dengan Codelite di Windows danMembangunGUI wxWidgets dengan wxFormBuilder.

Semoga bermanfaat. Selamat berlatih.

Tags: wxPython, Python, wWidgets, library

0 Response to "Memulai wxPython 3.0.0 di Windows"

Posting Komentar