Memulai wxWidgets dengan Codelite di Windows

Hermanto - Melanjutkan artikel saya sebelumnya tentang pemrograman wxWidgets. Sekarang kita akan mulai membuat proyek wxWidgets sederhana dengan bantuan editor Codelite 5.3  yang sudah dilengkapi kompiler MinGW 4.7.1. Jika kamu belum pernah mealakukan kompilasi wxWidgets dan belum mempunyai Codelite dan kompiler MinGW dapat kamu lihat pada artikel saya sebelumnya. 

Sebelum menjalankan tutorial ini pastikan kamu sudah melakukan langkah-langkah pada tutorial saya sebelumnya yaitu kompilasi library wxWidgets 3 dengan MinGW di Windows.

Sekarang saya menganggap kamu sudah memahami artikel saya sebelumnya dan sudah menginstal Codelite 5.3 dengan MinGW 4.7.1.

Membuat Workspace dan Project baru di Codelite

Langkah membuat proyek wxWidgets baru dengan editor Codelite 5.3

  1. Jalankan Codelite buka menu Workspace -> New Workspace. Buat nama proyek kita di kotak Workspace Name, misalnya wxWidgetsProject. Sebelumnya kita siapkan juga folder misalnya C:\myProject. Kita arahkan peyimpanan wxWidgets Project kita ke folder tersebut.
  2. Selanjtunya buka menu Workspace -> New Project. Akan tampil kotak New Project, kita beri nama misalnya SimpleWidget. Pastikan kamu memilih Executable (wxWidgets enabled) dan compiler dipilih gnu g++.
  3. Jika langkah 1 dan 2 benar maka akan mengasilkan workspace dengan nama wxWidgetsProject dan project SimpleProject dan satu file main.cpp
  4. File main.cpp berisi code berisi class wxMiniApp yang merupakan turunan dari class wxApp dan fungsi OnInit yang merupakan fungsi yang pertama akan dijalankan pada aplikasi kita. Pada contoh sederhana ini fungsi OnInit hanya berisi  tombol wxButton yang bertitel Click

Kompilasi dan menjalankan aplikasi SimpleWidget
Langkah mengkompilasi dan menjalankan aplikasi SimpleWidget dengan editor Codelite 5.3
  1. Untuk mengkompilasi aplikasi SimpleWidget buka menu Build -> Build Project. Tunggu proses kompilasi berjalan.
  2. Setelah tidak ada error pada proses kompilasi jalankan aplikasi SimpleWidget dengan buka menu Build -> Run atau dengan menekan shortcut Ctrl+F5.

Setting Environment Variable pada Codelite 5.3 untuk wxWidgets
Pada keadaan tertentu editor tidak menemukan library wxWidgets 3.0.0 (ini bisa terjadi jika kamu melakukan komplilasi library wxWidgets sendiri bukan menggunakan file installer yang sudah saya sediakan). Agar proses kompilasi dengan Codelite dapat berjalan kamu harus buka menu Setting -> Environment Variables atau tekan Ctrl+Shift+V kemudian tambahkan kode di bawah ini:

WXWIN=C:\wxWidgets-3.0.0
WXCFG=gcc_lib\mswu

Kode di atas diasumsikan kamu menginstal library wxWidgets 3 di C:\wxWidgets-3.0.0 ganti dengan nama folder lain jika kamu instal pada tempat yang berbeda.

Demikianlah tutorial memulai wxWidgets dengan Codelite 5.3 di Windows ini. Semoga bermanfaat.

File project lengkap dapat di lihat di GitHub atau download zip di sini.

Insya Allah saya akan membuat tutorial wxWidgets berikutnya yaitu membangun GUI wxWidgets dengan wxFormBuilder.

Tags : wxWidgets, Codelite, MinGW, library

0 Response to "Memulai wxWidgets dengan Codelite di Windows"

Posting Komentar