Mampu Berpidato yang Menarik



Sebelum berpidato, ada dua hal yang perlu kita siapkan. Pertama, kita perlu menguasai materi yang akan kita sampaikan. Dengan membicarakan hal yang kita kuasai, kita akan tampil lebih percaya diri dan meyakinkan. Pendengar kita juga akan merasakan antusiasme kita dan merasa bahwa apa yang kita sampaikan layak untuk mereka dengar.

Kedua, buatlah catatan yang berisi poin-poin penting tentang topik yang akan disampaikan. Selain itu, lakukan latihan membaca pidato untuk lebih memahami isinya. Tidak perlu menghafal naskah pidato secara kata per kata, karena hal ini dapat membuat pidato kita terdengar kaku dan monoton.

Selain persiapan materi, kita juga perlu mengetahui siapa audiens kita. Ketahui dari mana mereka berasal, apa organisasi yang mereka ikuti, bagaimana kebiasaannya, serta latar belakang pendidikan dan budayanya. Penting juga untuk mengetahui berapa lama waktu yang disediakan untuk kita berbicara dan apakah ada sesi tanya jawab atau tidak.

Ketika berpidato, perhatikanlah artikulasi, intonasi, tempo, dan penekanan yang tepat. Sampaikanlah pidato dengan kalimat yang bervariasi dan menarik agar dapat membuat pendengar lebih tertarik dan terlibat dalam pidato kita.

Sumber foto: https://www.bola.com/ragam/read/4711381/kumpulan-contoh-teks-pidato-pendek-dan-menarik-dalam-berbagai-tema

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mampu Berpidato yang Menarik"

Posting Komentar